Home / WISATA / Meski Terkesan Menantang, Gua Asem Bogor Sangatlah Keren

Meski Terkesan Menantang, Gua Asem Bogor Sangatlah Keren

Siapa sangka, Kabupaten Bogor memiliki potensi alam yang luar biasa. Sebut saja curug, hutan lindung dan goa. Seperti yang ada di Kecamatan Klapanunggal, tepatnya Kampung Guha Siangan, Desa Leuwikaret.

Di tempat ini terdapat satu goa yang disebut Asem. Goa vertikal ini memiliki ke dalaman sekitar 80 meter dengan lebar hingga 5 meter. Dengan kedalaman seperti itu, goa Asem sangat menantang, terutama bagi mereka yang menyukai petualangan.

Menurut salah satu anggota Pemuda Pecinta Alam Linggih Alam, Boyo, goa ini belum sepenuhnya terkelola dengan baik. Makanya, untuk memasuki goa ini pengunjung harus menyiapkan tali sepanjang 100 meter.

“ Harus hati-hati juga, karena memang belum banyak dijamah sehingga belum ada fasilitas pendukung,”

Dia mengatakan wisata goa di Kawasan Bogor Timur sangat potensial. Dari pendataannya, sedikitnya ada 50 goa yang ada di Kecamatan Klapanunggal dan Citeureup.

“Kemungkinan masih banyak goa yang belum terdata, Kita harus belajar dari Yogja yang mengelola wisata goa di gunung kidul,” kata Boyo.

About admin

Check Also

Tips Liburan Irit di Akhir Tahun

Akhir tahun, asyiknya liburan sebelum memasuki suasana yang baru. Sebelum berangkat, ketahui dulu tips-tipsnya.Liburan akhir ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *