Home / GENERAL / Pantai Pink di NTT Keindahan Alam Nusantara

Pantai Pink di NTT Keindahan Alam Nusantara

Pernahkah Anda mendengar pantai yang berwarna pink atau merah muda? Di seluruh dunia, hanya ada tujuh pantai yang berwarna merah muda atau pink, salah satunya ada di NTT, tepatnya berada dalam satu kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Namanya Pantai Merah Muda atau Pink Beach. Pantai ini merupakan pantai yang unik, karena memiliki pasir yang berwarna merah muda. Indah sekali.

Salah satu wisatawan di Pantai Merah Muda atau Pink Beach, yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Pantai merah muda lainnya adalah Pink Beach di Harbor Island, Bahamas; Bermuda; Santa Cruz Island, Filipina; Sardinia, Itali; Bonaire, Dutch Caribbean Island; dan di Balos Lagoon, Crete, Yunani. Dengan adanya Pantai Pink ini, maka betapa kaya dan cantiknya alam Indonesia. Jadi, kalau Anda mau menikmati Pantai Pink, tak usah pergi ke luar negeri, pergilah ke NTT, di sana Anda bisa menikmati pasir yang sangat menakjubkab itu.

Seperti diketahui, di kawasan Taman Nasional Komodo, selain terdapat Pantai Merah Muda, juga merupakan tempat perlindungan makhluk raksasa purba, yakni Komodo. Hewan melata yang satu ini hanya ada di Indonesia, yakni di Taman Nasional Komodo. Keberadaan hewan ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu keajaiban dunia.

Kembali ke Pink Beach. Selain kondisi pantainya yang unik dan indah, kehidupan bawah laut Pink Beach juga menyimpan keindahan dan kekayaan hayati yang menarik untuk diselami. Taman bawah laut Pink Beach adalah istana bagi beragam jenis ikan, ratusan jenis batu karang, dan berbagai jenis biota laut lainnya. Oleh karenanya, snorkeling atau diving adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan bila berkunjung ke Taman Nasional Komodo.

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti dari mana asal muasal warna pasir merah muda yang cantik ini. Beberapa pakar kelautan berpendapat, warna pink tersebut berasal dari pecahan karang berwarna merah yang sudah mati. Kenyataannya di pantai ini memang banyak ditemukan pecahan karang. Tetapi pendapat lain menyebutkan, warna pink pada pasir Pink Beach adalah karena adanya hewan mikroskopik yang bernama foraminifera. Hewan laut ini memproduksi warna merah cemerlang atau pink terang pada terumbu karang.

Pantai Pink di NTT ini tergolong masih perawan alias jarang dikunjungi. Untuk menuju ke pantai ini dapat ditempuh dengan menyewa kapal atau speed boat dari Labuhan Bajo.

Pantai ini kelesatarian alamnya tetap terjaga. Ada bukit yang memanjang dari ujung pantai yangh satu ke ujung lainnya sehingga menambah keindahan alam. Di pantai ini suasananya tenang dan menakjubkan sehingga sangat ideal untuk relaksasi.

Warna air laut yang hijau toska dan sangat jernih, susah untuk dilewatkan. Sementara karang-karang yang ada di laut bisa dilihat dengan mata langsung. Snorkeling dan diving merupakan kegiatan yang wajib dilakukan di sini mengingat kondisi taman bawah lautnya yang masih terjaga dan banyaknya keanekaragaman hayati yang penuh warna, belum lagi ribuan jenis ikan dan ratusan terumbu karang yang menakjubkan.

Selain snorkeling dan diving, di pantai ini juga merupakan tempat yang bagus untuk berjemur, karena pasirnya lembut dan pantai yang cantik. Di sini Anda bisa menyaksikan keindahan pantai yang indah. Pemandangan saat matahari tenggelam di pantai ini juga terkenal menakjubkan.

Paket tur perjalanan biasanya akan membawa Anda ke Pulau Rinca lalu singgah dulu di Pulau Komodo. Dari Labuan Bajo, Anda menuju Dermaga Loh Buaya di Pulau Rinca. Perjalanan ini memakan waktu sekira 45 menit. Di pulau-pulau tersebut Anda bisa melihat langsung binatang komodo yang mendunia itu di habitat aslinya dengan memilih jalur trekking tertentu.

Kalau dari Dermaga Loh Liang, diperlukan waktu sekira 30 menit dengan kapal untuk menginjakkan kaki di Pink Beach, tetapi apabila Anda berminat trekking melalui tebing-tebing karang dan hutan bakau, dibutuhkan waktu sekira 4 jam dengan berjalan kaki.

Di Labuan Bajo juga terdapat kapal-kapal LOB (Live Aboard) yang biasanya disewa oleh para penyelam. Kapal tersebut dapat sekaligus berfungsi sebagai tempat menginap selama menelusuri pesona Flores. Kapal ini juga dapat menjadi pilihan transportasi Anda menuju Pantai Pink.

Nah, untuk mencapai Labuan Bajo, Anda bisa naik pesawat kecil jenis Fokker dari Denpasar . Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 1 jam. Perjalanan dari bandara menuju pelabuhan Labuan Bajo membutuhkan waktu kira-kira 10-15 menit dengan mobil.

Di sekitar Pantai Merah Muda ini jarang sekali toko atau warung. Oleh sebab itu, kalau Anda ingin berkunjung ke tempat itu harus membawa perbekalan yang dibutuhkan seperti makanan dan minuman, pakaian ganti, obat-obatan, topi, kacamata hitam. Sedangkan perlengkapan diving atau snorkeling dapat diperoleh di Labuan Bajo.

Satu hal yang perlu diperhatikan, karena lokasi pantai berada dalam Kawasan Taman Nasional Komodo, maka harus hati-hati saat berenang dan berjemur di pantai, karena banyak komodo berkeliaran di sekitar pantai.

Dan jika Anda melihat Komodo sebaiknya segera menjauh karena komodo adalah salah satu binatang yang berbahaya. Karena itulah, kalau mengunjungi pulau-pulau atau pantai di sekitar kawasan Pulau Komodo, sebaiknya dikawal dengan jagawana (polisi hutan) atau guide yang berpengalaman.

About admin

Check Also

Mau Jadi Eksportir Hebat? Ikuti Workshop Ini Untuk Tembus Pasar Dunia

Jakarta, Kopdarnews.com-Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca dagang Indonesia pada April defisit US$ 2,5 miliar. ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *