Home / GENERAL / Keindahan Wisata Taman Laut Bonaken

Keindahan Wisata Taman Laut Bonaken

Taman Laut Bunaken merupakan destinasi wisata andalan Manado, Sulawesi Utara, adalah salah satu taman laut terindah di dunia. Berbagai terumbu karang dan biota laut hidup dan berdesakan di sini. Bagi pengggemar wisata bawah laut, Bunaken menjadi salah satu tempat pilihan.

Taman Laut Bunaken terletak di Kelurahan Bunaken, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara. Bunaken berjarak 7 mil dari Pelabuhan Manado dan dapat ditempuh selama 50 menit dengan perahu motor bermesin ganda atau hanya 35 menit dengan menggunakan speed boat.

Di taman nasional ini terdapat 5 pulau, yaitu Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage beserta anak pulau di sekelilingnya. Penduduk yang berdiam di lima pulau tersebut sekitar 21.000 orang.

Bunaken memiliki beragam kehidupan bawah laut, hal ini dikarenakan Taman Laut Nasional Bunaken berada di segitiga emas terumbu karang dunia yang tersebar dari wilayah Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste, dan Kepulauan Solomon.

Ada puluhan jenis terumbu karang dan ribuan spesies ikan yang hidup di taman laut seluas 75.265 hektar ini. Keindahan Taman Laut Bunaken banyak diminati wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Sebagian besar wilayah pantai terdiri dari hutan bakau dan pasir putih. Taman Laut Bunaken memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia.

Di Taman Laut Bunaken terdapat terumbu karang yang keras dan lembut, dinding karang yang terjal dengan beraneka bentuk dan warna biota laut. Di taman ini Anda bisa berenang dengan Hiu, Marlin, Tuna, Kakap, Kerapu, Barakuda, Napoleon, Angel Fish, Kura-Kura, Mandarin Fish, Kuda Laut, Ikan Pari, Gurita dan berbagai jenis ikan lainnya. Dari semua jenis ikan itu yang paling terkenal adalah Ikan Purba Raja Laut atau Coelacanth.

Keindahan Taman Laut Bunaken bagaikan Surga yang indah mempesona. Keindahan itu dapat dilihat dari lokasi yang disebut Lekuan 1, 2, 3, Fukui, Mandolin, Tanjung Parigi, Ron’s Point, Sachiko Point, Pangalisang, dan Bunaken Timur. Selain itu masih banyak lagi spot penyelaman di Taman Laut Bunaken, karena taman ini memiliki 40 lokasi penyelaman yang bervariasi dan menyajikan berbagai jenis ikan tropis dan terumbu karang.

Kawasan yang diresmikan pada tahun 1991 ini menawarkan keindahan lain yaitu adanya underwater great walls atau dinding karang raksasa, yang melengkung ke atas. Bagi pecinta fotografi bawah laut, akan merasa kecewa karena bisa mendapatkan foto yang spektakuler dan sangat jarang didapatkan di daerah lain.

Pulau Siladen terletak di sebelah timur laut Pulau Bunaken, jaraknya sekitar 8 mil dari pusat Kota Manado dan dapat ditempuh selama 45 menit menggunakan kapal motor. Pulau Siladen memiliki luas sekitar 31,25 hektar . Pantainya indah, dikelilingi hamparan pasir putih dengan beragam pepohonan di sepanjang bibir pantainya.

Pulau ini letaknya tidak jauh dari Pulau Manado Tua yang merupakan salah satu tempat terbaik di Kota Manado. Pulau Siladen dikelilingi pantai berpasir putih dan laut yang banyak terumbu karang dan biota laut yang beraneka ragam .

Keindahan Taman Laut Pulau Siladen dapat terlihat pada lokasi yang disebut Siladen 1 dan Siladen 2. Hamparan pasir putih begitu mendominasi pulau kecil ini. Selain merupakan tempat diving yang digemari para penyelam profesional, pulau ini juga salah satu tempat snorkling yang nyaman bagi siapa saja yang berkunjung ke tempat ini.(*/berbagai sumber)

About admin

Check Also

IndiHome Hadirkan Fitur IndiServer & IndiStorage Serta Indonesia Berinovasi Untuk Akselerasi Cloud Startup

Jakarta, Kopdarnews.com- Dalam mendukung era ekonomi digital ini, IndiHome melakukan inovasi solusi IT berbasis cloud ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *