Home / EKONOMI / Madu Al Mubarak, Lestarikan Alam Untuk Jaga Kualitas Madu
Madu Rambutan Al Mubarak

Madu Al Mubarak, Lestarikan Alam Untuk Jaga Kualitas Madu

Jakarta, KopdarNews.com-Sebagai produsen madu alam, Madu Al Mubarak meramu berbagai varian madu yang berasal dari beragam tumbuhan buah dan pohon dari banyak daerah di Indonesia. Sebagai negara tropis yang kaya akan flora, selayaknya Indonesia mampu mengeksplorasi berbagai rasa dan jenis madu lokal dengan baik, melalui pelestarian lingkungan dan menjaga berbagai tanaman buah untuk menghasilkan lebih banyak madu alam.

Untuk menjaga kelestarian lingkungan, salah satu visi dan misi dari Madu Al Mubarak adalah ingin mengembangkan berbagai varian madu alam menjadi lebih dikenal dan banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Apalagi sebagai negara topis, tekad untuk menjadi penghasil madu alam menjadi hal yang tidak sulit dicapai.

Usaha madu yang dijalanlan oleh Eko Retno Wati ini bukan tanpa alasan. Usaha Madu Al Mubarak ini dalam rangka melestarikan budidaya lebah yang dikembangkan oleh para peternak lebah.

“Apa yang kami lakukan dalam upaya mendukung keberlangsungan kehidupan mereka, dan tentu saja mendukung eksistensi alam Indonesia agar tetap lestari,” katanya.

Karena lebah, imbuhnya,  pasti sangat tergantung dengan alam, dimana lebah mendapatkan makanan hanya dari sumber nektar bunga pepohonan. “Maka kami pengusaha produk Madu mengajak para konsumen di Indonesia untuk terus mengkonsumsi madu, yang secara langsung pasti akan “memaksa” manusia agar terus melestarikan alam sehingga madu yang baik, madu yang berkualitas tetap terus tersedia,” katanya.

Dari 14 varian yang dikembangkan Madu Al Mubarak, salah satunya adalah madu Madu Rambutan. Madu Rambutan adalah madu yang dihasilkan oleh lebah ternak Apis mellivera yang diternakkan di kebun yang sebagian besar ditumbuhi pohon rambutan.

Proses produknya adalah bertumpu pada Lebah yang menghisap nektar bunga pohon rambutan, kemudian diolah di dalam kelenjar lebah pekerja dengan diberikan enzim yang terkandung di dalam saliva lebah, sesampai di sarangnya nektar tersebut dikeluarkan lagi sehingga menghasilkan cairan madu dengan rasa dan warna yang khas.

Sebagai informasi, Rambutan (Nephelium lappaceum) adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan berasal dari daerah Asia Tenggara, banyak ditanam di Indonesia, Thailand dan Malaysia. Buah ini masih satu keluarga dengan kelengkeng, leci dan matoa. Buah rambutan sangat populer di Indonesia dan banyak digemari karena rasanya yang manis asam dan segar.

Di Pulau Jawa, pohon rambutan banyak ditanam di Jawa Tengah seperti daerah Kudus, Magelang. Sedangkan di Jawa Barat banyak terdapat di daerah Lebak dan Subang. Pohon rambutan banyak dimanfaatkan oleh peternak lebah untuk menggembalakan lebah-lebahnya, untuk menghasilkan madu rambutan yang rasanya sangat digemari oleh pecinta madu.

Madu Rambutan memiliki warna kuning coklat keemasan dengan aroma wangi khas madu rambutan dan rasa yang manis wangi. Sangat sulit sekali untuk bisa mendiskripsikan rasa madu dengan tepat, agar lebih yakin konsumen bisa mencoba madu rambutan Al Mubarak yang sudah terbukti semakin banyak konsumen yang merasakan manfaat dan nikmatnya.

Dari sisi manfaatnya,  madu rambutan pun memiliki kesamaan dengan madu kelengkeng, yaitu dipercaya memperlancar urine, menurunkan demam, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Serta lebih bagusnya lagi bahwa madu rambutan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil (dr. Adji Suranto, 2004).

Madu Rambutan Al Mubarak terbukti aman, sehat dan higienis. Bebas residu antibiotik khloramphenikol, bebas cemaran logam berat dan kandungan enzim diastase yang memenuhi standar SNI Madu (Result of Analysis, SIG.LHP.XII.2017.079161. , Des 2017)

 

About fairuz -

Check Also

Malam Penghargaan via.com: Apresiasi untuk Mitra Bisnis Travel

Jakarta, Kopdarnews.com-Bertempat di Hotel Lumire, Jakarta, acara Awarding Night menjadi momen kedekatan antara pelaku bisnis ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *