Home / GENERAL / Dai Harus Cerdas dan Piawai Beretorika
Ibnu Hajar dari ACT Foundation sedang memberikan materi tentang retorika di TRaiming Public Speaking For Da'i yang digelar oleh Dewan Dakwah Pusat di Masjid Al Furqon, Kramat Raya (Foto : Hidayatullah)

Dai Harus Cerdas dan Piawai Beretorika

Jakarta, KopdarNews.com-Demi meningkatkan kualitas dan kompetensi Dai dalam berceramah dan menyampaikan pesan-pesan Syariat Islam, serta mencerdaskan Ummat, maka Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia dan Laznas Dewan Dakwah menyelenggarakan kegiatan Workshop bertema “Optimalisasi Peran Da’i Dalam Mewujudkan Kecerdasan Umat dan Bangsa” atau Training Public Speaking For Da’i.

Training yang dilakukan di Aula Masjid Al-Furqon Lt. 2 Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia di kawasan Jl. Kramat Raya, Jakarta Pusat menghadirkan 2 narasumber yang cukup kompeten dan berkualitas. Pertama, Drs. H. Deddy Djuandi, MM. MBA, seorang Motivator Spiritual Training. Kedua, Ibnu Khajar, selaku Vice President of ACT Foundation.

Dalam paparannya,  Deddy Djuandi mengulas materi tentang Ilmu Retorika. Beliau menjelaskan tentang pentingnya bagi para da’i untuk menguasai ilmu Retorika. “Para dai harus dan mutlak menguasai ilmu retorika secara komprehensif dan  bertujuan agar para da’i lebih menarik dalam menyampaikan materi dan tercapai maksud pembicaraannya,” katanya. Salah satu pesannya, Deddy  menegaskan kepada para peserta agar menjadikan pendengar sebagai sahabat pembicara. “Jangan monolog, ciptakan dialog yang interaktif dengan audience Anda, sehingga akan tercipta komunikasi 2 arah yang membuat majelis menjadi lebih hidup,” katanya.

Sesi kedua diisi oleh Ibnu Khajar, selaku Vice President ACT Foundation yang memaparkan materi tentang “Menjadi Da’i Emphatic”. Materinya sangat penting dan kebutuhan dasar bagi para da’i sebagai bekal dalam berdakwah. “Jadilah diri sendiri karena semua memiliki gaya dan keunikan masing-masing, eksplorasi keunikan-keunikan itu menjadi daya pembeda antara kita dan orang lain, sehingga tercipta orsinilitas gaya yang ada dalam diri kita”.

Training yang diikuti oleh para aktivis dakwah, mahasiswa, pengurus DKM dan lembaga Islam lainnya ini berasal dari berbagai daerah, mulai dari Jabodetabek, Bandung, dan Banten. Para peserta sangat antusias mengikuti training ini dan berharap acara seperti ini bisa berlanjut terus. (Hidayatullah/Fairuz/KopdarNews)

 

About fairuz -

Check Also

Satu lagi, Orang Indonesia yang Gemilang di Australia

Jakarta, KopdarNews.com-Hengki Widjaja, salah satu pemilik sekaligus Direktur Itree Pty Ltd, Australia meneguhkan bahwa orang ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *