Home / EKONOMI / Pertegas Peran Muslimah, IPEMI Perkuat Ekonomi Nasional
Pengurus IPEMI Berpose Bersama dengan Menteri Sosial RI, Idrus Marham pada acara Rakernas IPEMI di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat

Pertegas Peran Muslimah, IPEMI Perkuat Ekonomi Nasional

Cipanas, Kopdarnews.com-Dalam rangka merayakan Milad ke-3, sekaligus Rapat Kerja Nasional (Rakernas), IPEMI melakukan Launching IPEMI Money, Pemecahan Rekor MURI Tebar 10.000 Mukena.

Rakernas ini mengambil tema “Muslimah Memperkuat Ekonomi Nasional”. Rangkaian kegiatan Rakernas IPEMI 2018 ini berlangsung dari Minggu-Selasa, 6-8 Mei 2018, di Yasmin Resort & Conference Hotel, Cipanas, Cianjur.

Kegiatan Rakernas 2018, dihadiri oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Menteri Sosial Republik Indonesia Idrus Marham serta beberapa Pejabat Pemerintahan, dan Tokoh Organisasi Nasional lainnya, serta 1.000-an peserta Rakernas dari seluruh Indonesia, serta Pengurus IPEMI Malaysia, Thailand, Brunai, dan Turki.

Dalam sambutannya, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, mengatakan bahwa Indonesia memiliki lebih dari 55,2 juta UKM dan mayoritas  adalah industri rumahan dengan kontributor utamanya adalah perempuan. Dan IPEMI adalah salah satu yang memberi kontribusi terhadap keberadaan UKM tersebut. “Oleh karenanya, mari kita dukung dan kita dorong agar wanita-wanita Indonesia pada umumnya dan muslimah yang tergabung dalam IPEMI pada khususnya, dapat berperan lebih aktif dalam pembangunan. Selain itu, mereka juga perlu didukung dan didorong memiliki peran dan kontribusi yang sangat strategis dalam membangun bangsa. Sebab wanita, merupakan kunci keberhasilan dalam pembangunan nasional”, tegas Zulkifli Hasan.

Sementara itu Menteri Sosial RI Idrus Marham mengatakan jika IPEMI harus fokus terhadap program yang digulirkan selama ini yaitu pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. Sebab program tersebut dapat diselaraskan dengan program-program yang ada di kementerian terutama Kementerian Sosial dan Pertanian. “Tinggal bagaimana program dari IPEMI dapat dijadikan demikian implemented dan bukan lagi dalam taraf wacana, sehingga Kementerian yang dipimpinnya dapat segera membantu mengaplikasikan secara bersama. Yang jelas, Kementerian Sosial menunggu dan sangat mendukung semua program aplikated dari seluruh organisasi di Indonesia termasuk IPEMI yang bertujuan mulia untuk mengentaskan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat”, kata Idrus Marham.

Menteri Sosial RI Idrus Marham juga menyampaikan salam dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada seluruh pengurus dan anggota IPEMI yang hadir dalam Rakernas IPEMI ketiga. “Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berharap agar Rakernas IPEMI Ketiga dapat menghasilkan keputusan yang berpihak dan lebih baik lagi bagi pemberdayaan masyarakat”, kata Idrus Marham.

Di tempat yang sama, Ketua Umum IPEMI, Hj. Ingrid Kansil, S.Sos menyatakan jika IPEMI kini telah menginjak usia 3 tahun, usia yang masih sangat muda sebagai organisasi Nasional. Namun, puji syukur Alhamdulillah, kini kepengurusan dan keanggotannya sudah tersebar di 34 Provinsi dan 340 Kabupaten Kota, hingga ke tingkat Kecamatan dan Kelurahah/Desa. IPEMI bahkan memiliki perwakilan di 4 negara, yaitu Malaysia, Thailand, Brunai, dan Turki. Anggota IPEMI terdiri dari tiga unsur, yakni (a) Muslimah yang sudah menjadi pengusaha, (b) Muslimah yang ingin belajar menjadi pengusaha, dan (c) Muslimah yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan untuk keluarga. IPEMI memiliki empat program nasional, untuk melakukan pemberdayaan ekonomi Muslimah dan Masyarakat Indonesia IPEMI menjalankan empat program nasional, yakni pemberdayaan ekonomi melalui (a) Warung Muslimah, (b) Salon Muslimah, Majalah Ibadah serta (d) Pelatihan Bisnis dan Manajemen.

“Dalam Rakernas ketiga ini, IPEMI selain terus mendorong peningkatan kesejahteraan sosial serta kemandirian ekonomi yang berkepribadian Indonesia dan berakhlakul karimah, juga akan melakukan evaluasi terhadap kinerja IPEMI tahun lalu, sebagai guidance pengembangan IPEMI ke depan. Rakernas juga diharap dapat menghasilkan keputusan yang mampu membantu memastikan program IPEMI berjalan dengan baik,” kata Ingrid Kansil.

Menurut Ingrid Kansil kembali, dalam rangka Rakernas pula, IPEMI melaksanakan pemecahan Rekor MURI dengan melaksanakan Tebar 10.000 Mukena dan Launching IPEMI Money.

IPEMI Pecahan Rekor MURI Tebar 10.000 Mukena

Dalam rangka Rakernas ketiga, IPEMI juga melaksanakan pemecahan rekor dengan menebar 10.000 Mukena. Pemecahan rekor ini dilakukan IPEMI untuk membantu menyediakan mukena yang baik, bersih dan suci ditempat-tempat ibadah yang berada di tempat umum dan lingkungan yang berdekatan dengan aktivitas IPEMI. Pengadaan mukena IPEMI ini dilakukan dengan cara mengkoordinir dan mengumpulkan donasi khusus pengadaan mukena dari pengurus dan anggota dari 34 propinsi diseluruh Indonesia dan dari 4 negara yaitu Malaysia, Thailand, Brunai, dan Turki.

 

About fairuz -

Check Also

Pastikan Mesin Politik Bekerja Maksimal, PKS Kota Pekalongan Adakan Pembekalan Caleg

Kota Pekalongan, Kopdarnews.com-Kemenangan adalah harga mati untuk meneguhkan eksistensi sebagai partai Dakwah yang merakyat dan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *