Home / EKONOMI / Tekan Angka Pengangguran, Asyikpreneur Kota Bekasi Maksimalkan Penyediaan Lapangan Kerja
Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, H, Ahmad Syaikhu beserta peserta koordinasi Asyikpreneur Kota Bekasi

Tekan Angka Pengangguran, Asyikpreneur Kota Bekasi Maksimalkan Penyediaan Lapangan Kerja

Kota Bekasi, Kopdarnews.com-Angka lapangan kerja selalu tidak sinkron dengan jumlah pencari kerja yang setiap tahunnya terus meningkat. Gap diantara  dua hal tersebut mengakibatkan angka pengangguran cukup tinggi di Jawa Barat. Menurut data yang disodorkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat, bahwa selama 2016-2017, tren pengangguran terbuka turun dari Agustus 2016 berjumlah 8,9 persen, di Agustus 2017 menjadi 8, 2 persen. Namun, dari angka tersebut menyiratkan bahwa angka pengangguran terbuka di Jawa Barat cukup tinggi, pada Agustus 2017 angka mencapai 1,89 juta orang.

Guna mereduksi dan menurunkan angka tersebut, Gerakan Asyikpreneur Kota Bekasi melakukan berbagai langkah terobosan dengan menggandeng beberapa lembaga dan komunitas wirasuaha serta pengusaha yang ada di sekitar Bekasi untuk peduli terhadap tingginya angka penagguran di Kota Bekasi, khususnya dan Jawa Barat pada umumnya.

Menurut Gunawan Herlambang, Wakil Direktur Eksekutif Gerakan Asyikpreneur Kota Bekasi, salah satu langkah terobosan yang diambulnya adalah membuka pelatihan kerja dan peningkatan skill bagi tenaga kerja produktif yang saat ini belum mendapat pekerjaan. Inline dengan hal tersebut, ia menambahkan, Gerakan Asyikpreneur Kota Bekasi terus menjalin kerjasama partnership dengan berbagai perusahaan, baik skala kecil, menengah dan besar.

“Tujuannya, untuk mengetahui kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan industri dan dunia kerja secara update, dan dapat kami impelementasikan dalam men-training SDM pencari kerja yang masuk di data Gerakan Asyikpreneur Kota Bekasi, walaupun namanya Gerakan Asyikpreneur Kota Bekasi, tetapi secara program dan implementasinya dapat mencakup wilayah Jawa barat,” katanya.

Ia menjelaskan, bahwa Program ini cukup direspon positif oleh masyarakat Kota Bekasi. “Sehingga ke depan kami akan terus membuka lowongan training dan minat training yang dibutuhkan sesuai dengan minat, passion, dan kemampuan dasar yang akan dikembangkan, serta mencocokan data tersebut dengan kebutuhan pengguna, jika sudah klik, kami akan salurkan, sehingga pengangguran dapat ditekan dan dikurangi angkanya,” kata Gunawan.

Untuk itu, pihaknya menyatakan kepada masyarakat yang berminat mengikuti pelatihan ini, dapat menghubungi perwakilan Asyikpreneur di berbagai kabupaten kota di Jawa Barat. “Untuk Bekasi, kami menyediakan kartu yang dapat diperoleh di kantor kami, pemegang kartu akan kami prioritaskan untuk ditraining dan disalurkan,” katanya.

 

About fairuz -

Check Also

Rupiah Loyo, Beberapa Bank Hargai Dollar AS Rp 15.000

Jakarta, KOPDARNEWS.COM-Keperkasaan Dollar AS terhadap rupiah terus bergerak dan bertambah kian liar. Mata uang Paman ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *