Home / EKONOMI / Meliyarti Kusumawardani, Besarkan Swanish Dengan Manajemen Kasih Sayang
Mellyarti sedang memberikan sambutan pada saat acara temu Agen Swanish pada 11 Juni 2018 di Lokasi pabrik PT Swanish Boga Industria, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat

Meliyarti Kusumawardani, Besarkan Swanish Dengan Manajemen Kasih Sayang

Jakarta, Kopdarnews.com-Tak banyak orang yang bisa mengelola perusahaan dari bawah. Membangun perusahaan juga bukan perkara mudah, selain passion, jiwa dan talenta memimpin dan visi yang jauh ke depan adalah seperangkat skill yang wajib dimiliki oleh CEO sebuah perusahaan, baik skala besar atau pun kecil.

Tak hanya itu, kepiawaiannya melihat dan menyelami potensi dan skill karyawan yang bisa dikembangkan atau dikapitalisasi oleh manajemen perusahaan adalah faktor lain yang tidak mudah dilakukan oleh pelaku usaha yang baru memulai. Jam terbang dan pengalaman panjang membidani lahirnya Swanish, juga turut mengasah jiwa ledership dan entrepreneurshipnya secara bersamaan.

Lalu, dengan kondisi persaingan bisnis roti yang tidak mudah, Meliyarti, Ibu dari 3 anak ini terus berjuang membesarkan dan mengibarkan bendera roti yang dibuat berdasarkan metode pembuatan roti ala Eropa dan menjadikan PT Swanish Boga Industria, perusahaan yang menaungi merek Roti Swanish, sebagai satu-satunya merek roti yang diproduksi sesuai dengan standard pembuatan roti-roti Eropa. “Secara penggunaan bahan baku tentu produk kami lebih banyak, lebih padat, dan lebih bergizi,” katanya. Walaupun demikian, visi untuk menutrisi Indonesia tak sekedar jargon. Itu terealisasi dalam produk Swanish dan Roti Raja.

Bukan tanpa cobaan Meli membesarkan Swanish, cobaan dan haling rintang terus mengintainya. Dari berbagai hal yang dihadapinya, ada satu persoalan besar yang melilitnya dan nyaris membuat jalannya perusahaan menjadi tertatih-tatih. Mulai dari perseteruannya dengan mantan suaminya, perebutan merek Swanish, hingga kondisi bisnis roti yang ketat, membuatnya harus piawai mengatur waktu antara meladeni berbagai gugatan baru yang kerap dilayangkan mantan Suaminya, yang juga menjadi komisaris di PT Swanish Boga Industria yang dulu sempat dibangun bersama-sama.

Cobaan pertama datang dengan dibajaknya agen-agen Swanish, dan diteror dengan berbagai macam aksi dan intimidasi. Selain itu, dibuat konflik antar karyawan dan banyak LSM dan serikat pekerja di sekitar pabrik Swanish yang sering berdemo menuntut haknya dengan berbagai alasan.

Dan lebih parah lagi, cash flow perusahaan juga seret, karena agen dan distributor juga dibajak. Akhirnya, Meliyarti memberanikan diri menemui agen dan distributor, mencoba berbicara dengan mereka dan menenangkan suasana hatinya.

Singkat cerita, mereka mulai berani jualan dan konsisten menjual produk Swanish, dan roti Raja. “Karena kami ingin menjadi bagian dari pemenuhan hajat hidup orang banyak, kami kembangkan konsep keagenan dan distributor yang dapat melibatkan orang banyak dalam pengembangannya, karena kami ingin berbagi dengan masyarakat luas, mari berdaya dengan menjadi penjual roti, karena penjual roti itu mulia, misinya menutrisi Indonesia, itu tugas mulia kita semua, mari antarkan nutrisi ke rumah-rumah keluarga Indonesia,” katanya bersemangat.

Setelah rekonsiliasi dengan para agen dan distributor lamanya, walaupun sebagian ada yang tidak kembali, tetapi itu tidak membuat Meliyarti berkecil hati. “Masih banyak agen dan distributor baru yang bisa kita dapatkan, kami terus bergerak membangun pasar baru,” katanya. Saat ini, pengembangan pasar PT Swanish Boga Industria akan menyasar pasar lebih luas. “Ke depan kita akan kembangkan ke Cirebon, Bandung dan Jawa Tengah,” kata Meliyarti mantap.

Selain ekspansi pasar, ia juga mulai membenahi internal perusahaannya. Mulai dari produksi, SDM, marketing hingga keuangan. Tekadnya ingin mensejahterakan karyawannya semakin mudah direalisasikan. Namun, ia juga ingin menggenjot pertumbuhan bisnisnya agar semakin baik dan menguntungkan karyawan.

Kini, dengan karyawan mencapai 300 orang lebih, Meliyarti ingin memaksimalkan kinerja brand Swanish dan Raja serta produk lainnya terus berkembang dan menutrisi Indonesia lebih luas lagi. Mengelola karyawan yang banyak baginya butuh kemampuan manajerial yang unik. “Saya punya trik berkomunikasi dengan mereka, manajemen yang saya gunakan adalah silih asah dan asuh, atau saya sebut dengan manajemen kasih sayang, sebab karyawan akan respek ke kita kalau kita juga bisa memberikan kepercayaan yang besar pada mereka, nilai dan visi yang kami tanamkan di perusahaan ini adalah bagian penting dari upaya mendidik mereka supaya tidak bosan belajar, meningkatkan kemampuan diri, dan berbenah menjadi manusia yang bermanfaat, karena apa yang dilakukan oleh karyawan untuk perusahaan akan kembali lagi kepada mereka, bentuknya bisa bonus, kenaikan gaji, atau bahkan umroh untuk karyawan terbaik, semua itu saya lakukan demi majunya perusahaan dan membaiknya kesejahteraan karyawan,” katanya.

Selain itu, gebrakan Meliyarti yang kini terealisasi adalah membuat sarana ibadah yang layak bagi karyawan. Tak cuma itu, ia juga menginisiasi lahirnya kantin pabrik yang menyediakan aneka makanan dan kopi. “Harganya sesuai kantong karyawan, perusahaan mendorong langkah-langkah perbaikan, demi kenyamanan karyawan, sehingga suasana kerja yang nyaman membuat karyawan lebih produktif dan aktif menjadi brand ambassador perusahaan,” imbuhnya.

Ada hal unik yang sering dilakukan karyawan Swanish, dengan melakukan aksi berbagi roti kepada mereka yang kurang beruntung atau kaum fakir miskin. “Kami namakan Swanish Squad, ini kegiatan karyawan yang kami apresiasi, dilakukan dimana saja, dan diberikan kepada mereka yang membutuhkan, bisa tukang becak, tukang ojek, penjual keliling, dan lainnya,” kata Meliyarti.

Dengan manajemen kasih sayang, kini Swanish terus bertumbuh dan bertekad menjadi salah satu perusahaan roti terbesar di Indonesia. Ia juga menegaskan pihaknya terbuka menjalin kerjasama dengan semua pihak untuk mensuplai kebutuhan roti, pastry, kerupuk, dan aneka produk makanan lainnya untuk saling sinergis dan membangun ekonomi kerakyatan dengan sistem keagenan dan distributor.

About fairuz -

Check Also

Pastikan Mesin Politik Bekerja Maksimal, PKS Kota Pekalongan Adakan Pembekalan Caleg

Kota Pekalongan, Kopdarnews.com-Kemenangan adalah harga mati untuk meneguhkan eksistensi sebagai partai Dakwah yang merakyat dan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *