Home / EKONOMI & BISNIS / BNPB Prioritaskan Pencarian Korban di Palu dan Donggala
kepala Humas dan Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskaan kronologis Gampa dan Tsunami di Palu dan Donggala serta penanganan terhadap korban bencana. (Foto:Istimewa)

BNPB Prioritaskan Pencarian Korban di Palu dan Donggala

Jakarta, Kopdarnews.com-Proses evekuasi dan penyelamatan korban bencana gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala terus digalakkan. Target ini menjadi salah satu dari enam prioritas yanng dicanangkan oleh BNPB. Pemerintah juga tengah mendatangkan alat berat untuk mendukung proses pencarian dan penyelamatan korban.

“Saat ini sudah ada beberapa alat berat untuk evakuasi Kota Palu dan alat berat tambahan akan didatangkan dari Mamuju, Gorontalo, Poso, Balikpapan, dan daerah-daerah yang terdekat lainnya,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho di Gedung BNPB, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Prioritas kedua yakni pemakaman jenazah yang sudah diidentifikasi dan saat ini ada di Rumah Sakit. 1.000 kantong mayat hingga kuburan massal sudah disiapkan di TPU Paboya Kota Palu.

“Penggalian sudah dilakukan dan prosesi pemakaman sesuai dengan yang lazim dilakukan,” ujarnya.

Prioritas ketiga, sebut Sutopo, percepatan pemulihan jaringan listrik. Saat ini 216 personel PLN masih memperbaiki Gardu Induk dan jaringan. Tidak hanya itu, delapan genset PLN juga telah diterbangkan dengan pesawar Hercules TNI AU pagi tadi untuk disebar di Posko Palu dan Donggala.

Selanjutnya yang keempat, adalah percepatan pengadaan BBM, terutama untuk genset rumah sakit dan operator seluler. Kelima, distribusi logistik untuk pengungsi yang saat ini mulai berdatangan dengan diangkut dengan pesawat Hercules TNI AU dan jalur darat, serta laut.

About fairuz -

Check Also

Sinergi Dua Kampus Jadikan Sekolah Sehat Tanpa Rokok

Jakarta, Kopdarnews.com-Sinergi dua  Perguruan Tinggi di Jakarta yaitu Universitas M.H Thamrin  dan  London School of Public Relation Jakarta ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *